MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI BLENDED LEARNING
DOI:
https://doi.org/10.37742/mores.v5i1.98Keywords:
Blended learning, motivasi belajar, PPKnAbstract
Pandemi Covid-19 yang merebak pada tahun 2020 menunjukkan bahwa peserta didik mengalami penurunan
motivasi dalam belajar termasuk pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sehingga sekolah
mencoba menerapkan blended learning yang memadukan pembelajaran daring dengan pembelajaran
off-network sebagai upaya meningkatkan keinginan siswa untuk belajar Penelitian ini untuk menemukan
hubungan antara blended learning dengan motivasi belajar PPK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat hubungan positif antara blended learning dengan motivasi belajar, hal ini dibuktikan berdasarkan
hasil perhitungan nilai (r) korelasi momen produk sebesar 0. 710 yang artinya bahwa blended learning
sangat berkaitan dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn, dan terdapat pengaruh
yang signifikan antara blended learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn.