PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP PGRI CILILIN
DOI:
https://doi.org/10.37742/mores.v4i2.60Keywords:
Pembelajaran Online, Google Classroom, Pemahaman siswaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan wabah virus Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia
termasuk Indonesia yang berdampak pada sektor pendidikan yang menyebabkan pembelajaran di
Indonesia dilakukan secara online guna mencegah penyebaran virus Covid-19. Rendahnya pemahaman
siswa terjadi ketika pembelajaran online dikarenakan terbatasnya jaringan internet, kuota yang
dipakai ketika pembelajaran, dan materi yang diberikan hanya berupa penugasan dan video. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah; 1) bagaimana kondisi pembelajaran online menggunakan google
classroom di SMP PGRI Cililin pada mata pelajaran PPKn; 2) Bagaimana tingkat pemahaman siswa di
masa pembelajaran online pada mata pelajaran PPKn di SMP PGRI Cililin; 3) Seberapa besar pengaruh
pembelajaran online melalui google classroom terhadap tingkat pemahaman siswa pada pelajaran PPKn
di SMP PGRI Cililin. Metode pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, desain penelitian ini adalah
korelasi dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah
terdapat pengaruh Pembelajaran Online Melalui Google Classroom Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa
Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP PGRI Cililin, karena hasil F hitumg sebesar 45,848 > besar dari F tabel
sebesar 4,07, dengan Nilai koefisien determinasi sebesar 51,6 % dan 48,4 % ditentukan oleh variabel lain
di luar penelitian ini.