PENERAPAN METODE EDUTAINMENT ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN DI MA NURUL HIDAYAH PADALARAN
DOI:
https://doi.org/10.37742/mores.v4i2.59Keywords:
Aktifitas Belajar, Metode Edutainment, Respon SiswaAbstract
Dominannya penggunaan metode cearamah yang dilakukan guru membuat proses belajar yang dirasakan
siswa ketika pembelajaran adalah mengantuk, bosan, jenuh serta tidak ada interaksi siswa dengan guru
Cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebutadalah menggunakan metode edutainment ular
tangga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian
menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan narasumber yaitu Guru MA Nurul
Hidayah Padalarang, peserta didik kelas X dan Kelas XI. Metode edutainment pada pembelajaran PPKn
dimulai dengan guru merencanakan pembelajaran dengan menyiapkan perangkat pembelajaran baik
berupa RPP maupun media. Dengan penerapan edutainment, siswa semakin aktif seperti mengajukan
pertanyaan, berani untuk mengemukakan pendapat dan senang mengikuti pembelajaran yang sedang
berlangsung. Evaluasi yang dilakukan guru kepada siswa yaitu dengan membantu siswa untuk
mengingat, menghapal mengenai materi-materi ajar yang telah dibahas oleh guru mata pelajaran PPKn
guru sering memberikan tugas-tugas atau sebuah pertanyaan yang diajukan guru kepada siswa atau
siswa kepada guru.