PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK BINA PUTRA
DOI:
https://doi.org/10.37742/mores.v4i1.56Keywords:
E-Learning, Hasil Belajar, PPKnAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi Pembelajaran E-Learning diakibatkan adanya Pandemic Virus Covid-19, salah satunya berdampak pada dunia Pendidikan. Dengan pembelajaran E-Learning mengakibatkan banyak faktor yang menghambat proses kegiatan pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Inovasi pembelajaran E-Learning (elektronik learning) merupakan solusi dari tantangan yang tersedia dalam sumber belajar yang variatif dalam hasil belajar siswa di SMK Bina Putra. Rumusan masalah dalam penelitian adalah; 1) Bagaimana gambaran pembelajaran E-Learning dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMK Bina Putra; 2) Adakah hubungan antara pembelajaran E-Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMK Bina Putra; 3) Seberapa besar pengaruh pembelajaran E-Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMK Bina Putra. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran E-Learning terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah dengan random sampling. Hasil penelitian adalah 1) Antara variabel independen (Pembelajaran E-Learning) dan variabel dependen (Hasil Belajar) memiliki makna berhubungan, karena hasil dari analisis uji-t diketahui t hitung 4,227 > t tabel 1,666. 2) Ada pengaruh variabel independen (Pembelajaran E-Learning) dan variabel dependen (Hasil Belajar), karena hasil F hitung 18,034 > F tabel 3,98. 3) Nilai koefisien determinasi sebesar 20,3% dan sisanya 79,7% ditentukan oleh variabel lain di luar penelitian ini.