PENGEMBANGAN CIVIC DISPOSITION SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP IT MANBAUL HIKMAH

Authors

  • Heni Heryani Civic Disposition, Pembelajaran PKn, Pendidikan karakter.
  • Ahmad Fadel Prodi. Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan, STKIP Pasundan Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.37742/mores.v4i1.55

Keywords:

Civic Disposition, Pembelajaran PKn, Pendidikan karakter

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan mata yang didalamnya mencakup memahami
menghayati, dan mengamalkan dalam kehidupan sehari- hari dan menjadikan acuan untuk
mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan pengembangan civic disposition pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif
deskriptif. Teknik pengumpulan data mulai dari observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran guru Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
dalam mengembangkan Civic Disposition yaitu dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) sebagai kebutuhan guru untuk melaksanakan tugasnya. (2) Proses pelaksanaan pembelajaran
dalam mengembangkan Civic Disposition, yaitu materi pembelajaran, metode pembelajaran, media
pembelajaran, sumber belajar dan evaluasi pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas guna
mengembangkan civic disposition siswa. (3) Pengembangan Civic Disposition dalam pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yaitu untuk menanamkan tradisi-tradisi baik yang dilakukan
sehari-hari secara tidak langsung menjadi karakter para peserta didik. Contohnya mengajarkan peserta
didik agar selalu mengikuti upacara bendera setiap hari senin, selalu mentaati peraturan-peraturan
sekolah

Downloads

Published

2022-12-03 — Updated on 2022-03-30