KARAKTER MANDIRI PADA SISWA AUTIS MELALUI PEMBELAJARAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.37742/mores.v4i1.53Keywords:
Anak Berkebutuhan Khusus, Karakter Mandiri, Pembelajaran DaringAbstract
Pemerintah maupun masyarakat semakin sadar bahwa pendidikan merupakan hak semua anak, termasuk
anak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus, yaitu anak yang mengalami gangguan fisik,
mental, inteligensi, dan emosi sehingga membutuhkan pembelajaran khusus, dimana anak berkebutuhan
khusus (ABK) merujuk pada anak yang memiliki kesulitan atau ketidakmampuan belajar. Anak
berkebutuhan khusus diharapkan mampi memiliki karakter mandiri. Karakter mandiri bagi anak autis
merupakan tujuan akhir agar anak tidak bergantung kepada orang lain dan dapat bertanggungjawab
dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode penelitian kualitatif yang dilakukan di SLB A Negeri Cimahi dengan responden guru
kelas Autis dan orang tua siswa. Pendekatan yang dipilih dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Pendidikan Khusus
tahun 2017, tetapi materi yang diberikan kepada anak disesuaikan dengan spesialisasi masing-masing
kebutuhan anak. Karakter mandiri bagi anak autis merupakan tujuan akhir agar anak tidak bergantung
kepada orang lain dan dapat bertanggungjawab dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya