PENGARUH PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PKn

Authors

  • Jajang Hendar Hendrawan jajang_hendra@yahoo.com
  • Yudi Kusyadi Prodi. Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan, STKIP Pasundan Cimahi
  • Siska Amelia Prodi. Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan, STKIP Pasundan Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.37742/mores.v3i2.52

Keywords:

Pembelajaran daring, PKn, smartphone

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kendala dalam pembelajaran daring seperti jaringan yang kurang mendukung, kuota internet yang terbatas, dan motivasi belajar siswa yang kurang. Banyak siswa yang mengeluhkan tentang jaringan yang tidak stabil sehingga waktu pengumpulan tugas terlambat dikarena kan jaringan yang tidak stabil, siswa-siswi SMK Cendekia Batuajajar sebagian besar menggunakan smartphone untuk pembelajaran daring, sehingga keefektifan telepon pintar dalam pembelajaran daring perlu diuji. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bagaimana penggunaan smartphone oleh para siswa di SMK Cendekia Batujajar; 2) Mengetahui bagaimana pembelajaran daring dalam mata pelajaran PKn di SMK Cendekia Batujajar; 3) Mengetahui seberapa efektif penggunaan smartphone dalam pembelajaran daring di SMK Cendekia Batujajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah dengan random sampling. Dengan menggunakan instrumen penelitian angket. Penelitian ini mendapatkan beberapa temuan tentang 1) Penggunaan smartphone dalam pembelajaran di siswa-siswi SMK Cendekia Batuajajar sangat bermanfaat dan efektif; 2) Pembelajaran daring di SMK Cendekia Batujajar dapat dikatakan efektif dimulai dari perencaan siswa-siswi sebelum memulai pembelajaran daring mereka menyempatkan untuk membaca kembali materi yang sudah dijelaskan sebelumnya lalu pada saat proses pembelajaran daring berlangsung siswa mengerti materi yang disampaikan oleh guru melalui media smartphone sehingga saat mengerjakan tugas mereka mengumpulkan tepat waktu, akan tetapi dalam proses pembelajaran daring masih terkendala oleh koneksi internet dan kuota yang terbatas namun ; 3) Penggunaan smartphone berpengaruh secara signifikan terhadap efektivitas pembelajaran daring. Dilihat hasil analisis regresi ditemukan bahwa setiap penambahan nilai smartphone, maka nilai pembelajaran daring bertambah sebesar 0,277.

Downloads

Published

2022-12-02 — Updated on 2021-09-30