KOMPETENSI GURU PKN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.37742/mores.v3i2.50Keywords:
Kompetensi Guru PKn, Kedisiplinan, Peserta didikAbstract
Penelitian ini berjudul : Kompetensi Guru PKn dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa (Studi Deskriptif di SMA Pasundan 1 Cimahi) dengan latar belakang banyak ditemukan kasus perbuatan negatif yang dilakukan oleh pelajar. Perbuatan negatif tersebut menunjukkan ketidakdisiplinan terhadap aturan yang berlaku. Guru harus membimbing perkembangan perhatian anak dengan dasar pengalamannya. Namun Guru PKn lebih dituntut untuk berperan dalam membina kedisiplinan siswa, karena hakikatnya PKn dapat membekali siswa budi pekerti, nilai, moral, dalam menjalankan kehidupannya menjadi warga negara yang baik. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bentuk pola bimbingan Guru PKn dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMA Pasundan 1 Cimahi (2) Untuk mengetahui hambatan atau kendala yang dihadapi oleh Guru PKn dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di SMA Pasundan 1 Cimahi, dan (3) Untuk mengetahui perubahan perilaku siswa setelah memperoleh pola bimbingan di SMA Pasundan 1 Cimahi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kedisiplinan siswa di sekolah sudah cukup baik namun perlu ditingkatkan lagi, karena ada beberapa siswa yang masih melakukan pelanggaran di sekolah. Kendala yang dihadapi oleh Guru PKn dari dari faktor siswa masih ada beberapa siswa yang sulit diajak berdisiplin saat pembelajaran, pembawaannya yang sulit diatur. Kemudian dari faktor guru kurangnya pengawasan dari Guru PKn kepada siswa. Upaya yang dilakukan oleh Guru PKn dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Pertama, melakukan pendekatan personal. Kedua, menanamkan kesadaran kepada siswa akan pentingnya berdisiplin. Ketiga, membangun kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua. Keempat, memberikan sanksi kepada siswa yang melakukan pelanggaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat di simpulkan bahwa Guru PKn sangat berperan penting dalam membina kedisiplinan siswa