PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS X SMK PGRI 2 CIMAHI
DOI:
https://doi.org/10.37742/mores.v3i2.48Keywords:
Kreativitas Siswa, Metode Pembelajaran, Mind MappingAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kreativitas siswa pada mata pelajaran PPKn di Kelas X SMK PGRI 2 Cimahi. Permasalahan utama yang sering terjadi pada pembelajaran PPKn adalah strategi pembelajaran yang belum bervariasi, sarana pembelajaran yang masih minim, dan siswa terlihat pasif dalam mengikuti pembelajaran PPKn. Hal ini disebabkan karena dalam pelaksanaan pembelajaran PPKn tidak dirancang menjadi pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan. Tujuan Penelitian ini, untuk mengetahui adakah pengaruh metode mind mapping pada mata pelajaran PPKn di SMK PGRI 2 Cimahi, mendeskripsikan seberapa besar pengaruh kreativitas siswa pada mata pelajaran PPKn di SMK PGRI 2 Cimahi, dan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh metode mind mapping terhadap peningkatan kreativitas siswa pada mata pelajaran PPKn di SMK PGRI 2 Cimahi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling. Hasil penelitian ini, adalah 1) Terdapat pengaruh positif dalam penerapan mind mapping, hal ini ditemukan dengan rata-rata skor keseluruhan sebesar 311 dengan persentase sebesar 81% dari seluruh pernyataan. Nilai tersebut, menunjukkan bahwa metode mind mapping mampu meningkatkan kreativitas siswa. 2) Adanya pengaruh mind mapping terhadap peningkatan kreativitas siswa dapat dibuktikan dari rata-rata jawaban responden yang memiliki kriteria “Sangat baik” dengan rata-rata skor keseluruhan sebesar 315, dengan persentase sebesar 82% Nilai tersebut menunjukkan bahwa dengan meggunakan mind mapping kreativitas siswa dapat meningkat. 3) Hasil determinasi (R Squere) sebesar 0,396 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (Mind Mapping) terhadap variabel terikat ( peningkatan Kreativitas Siswa) adalah sebesar 39,6% menjadi 40% sedangkan 60% lainnya dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain di luar penelitian ini.