PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP TUNAS BARU CIPARAY

Authors

  • Andrian Prodi. Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan, STKIP Pasundan Cimahi
  • Feniawati Darmana Prodi. Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan, STKIP Pasundan Cimahi
  • Novi Nuraeni Prodi. Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan, STKIP Pasundan Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.37742/mores.v3i2.47

Keywords:

karakter, pembelajaran daring, pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Pengembangan Karakter Peserta Didik melalui Pendidikan Kewarganegaraan pada masa pandemic Covid-19, dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui pembelajaran daring di SMP Tunas Baru Ciparay Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori pendidikan karakter dari Miles dan Huberman. Fokus penulisan ini pada pengembangan karakter peserta dalam pembentukan karakter disiplin melalui pembelajaran daring, mengetahui faktor pendukung dan hambatan dari pelaksanakan pengembangan dalam membentuk karakter disiplin beserta solusinya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan sebagai studi awal, wawancara dilakukan untuk menggali informasi terkait pegembangan yang digunakan guru PKn dalam membentuk karakter peserta didik melalui pembelajaran daring, dan dokumentasi terkait proses pembelajaran secara daring. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa strategi yang dilakukan oleh guru PPKn dalam membentuk karakter disiplin peserta didik melalui pembelajaran daring, yang pertama yaitu, membuat kontrak belajar antara guru PKn dan peserta didik, memberikan pengetahuan, bercerita, memberi tauladan, memberi tugas, dan memberi penilaian pada peserta didik. Dalam pelaksanaan strategi tersebut, hambatan yang dialami guru PKn dalam membentuk karakter disiplin melalui pembelajaran daring yaitu dalam hal sarana prasarana, dan faktor sosial ekonomi peserta didik.

Downloads

Published

2022-12-02 — Updated on 2021-09-30