PENDIDIKAN KARAKTER DALAM TRADISI PESANTREN

Authors

  • Jajang Hendar Hendrawan jajang_hendra@yahoo.com
  • Heni Heriyani Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran, STKIP Pasundan Cimahi
  • Mutia Maelani Arifin Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran, STKIP Pasundan Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.37742/mores.v3i1.45

Keywords:

Nilai-Nilai Karakter, Pendidikan Karakter, Tradisi Pesantren

Abstract

Penelitian ini berlatang belakang krisis moral anak bangsa yang semakin memprihatinkan akibat
perkembangan zaman seperti banyaknya konflik (tawuran), meningkatnya kriminalitas, dan menurunnya
nilai-nilai luhur bangsa seperti kesopanan, keramahan, rendah hati dan sebagainya. Salah satu upaya
yang dapat dilakukan yaitu dengan penanaman pendidikan karakter. Pesantren merupakan salah satu
lembaga pendidikan yang mengedepankan pendidikan karakter karena di dalamnya terdapat tradisi
atau pembiasaan untuk membentuk siswa/santri yang berakhakul karimah. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara dan telaah dokumentasi mengenai
perencanaan, penerapan serta evaluasi nilai-nilai pendidikan karakter di SMA IT Daarut Taqwa
Asyamsuriyyah Cianjur. Hasil dari penelitian ini yaitu perencanaan pendidikan karakter di sekolah
dilakukan dengan merencanakan beberapa program sekolah dan RPP guna mengintegrasikan nilai-nilai
karakter dalam pembelajaran dan kehidupan sehari-hari siswa/santri seperti religius (mutadayin), disiplin
(‘aindibat), kejujuran (shidiq), cinta tanah air (hubu waton), dan lain-lain. Evaluasi pendidikan karakter
dilakukan oleh guru melalui observasi dan nasehat guna membentuk karakter siswa menjadi lebih baik.

Downloads

Published

2022-12-01 — Updated on 2021-03-30