SRATEGI GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANGERAAN DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI SISWA DI SMK TUTWURI HANDAYANI CIMAH

Authors

  • Subarkah Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran, STKIP Pasundan Cimahi
  • Pongky Permadi Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran, STKIP Pasundan Cimahi
  • Ani Purwanti Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran, STKIP Pasundan Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.37742/mores.v3i1.44

Keywords:

Strategi Guru, Menumbuhkan Sikap Toleransi

Abstract

Timbulnya sikap toleransi di Sekolah dibutuhkan upaya konkrit dari semua pihak sekolah. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PPKn dalam menumbuhkan sikap toleransi siswa. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi guru Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan dalam menumbuhkan sikap toleransi siswa di SMK Tutwuri Handayani Cimahi
yaitu melalui kebijakan sekolah, menanamkan rasa persaudaraan, menanamkan nilai rasa menghormati
perasaan orang lain, menerima pendapat orang lain, kegiatan spontan yang dilakukan pada saat
guru menjumpai siswa yang bersikap tidak toleran terhadap orang lain. Dalam menumbuhkan sikap
toleransi siswa di dalam kelas maupun di luar kelas telah dilakukan dengan metode keteladanan, nesehat,
pendekatan dan pembiasaan. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menumbuhkan sikap
toleransi siswa di SMK Tutwuri Handayani Cimahi yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat.
Faktor pendukung yaitu melakukan kerja sama dengan orang tua siswa, dan berkontribusi dengan guru
dibidang

Downloads

Published

2022-12-01 — Updated on 2021-03-30

Versions