UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN VIRTUAL

(Studi Deskriptif di SMAS Al-I’anah Cianjur Kelas Jauh Kemang

Authors

  • Lili Halimah lili.halimah@gmail.com
  • R. Komarudin Shaleh Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran, STKIP Pasundan Cimahi
  • Mira Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran, STKIP Pasundan Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.37742/mores.v3i1.43

Keywords:

Faktor Eksternal, Faktor Internal, Kesulitan belajar, Pembelajaran Virtual

Abstract

Perubahan sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem pembelajaran virtual yang terjadi
secara tiba-tiba karena pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Keberhasilan guru dalam
mengatasi kesulitan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran virtual dipengaruhi oleh
berbagai faktor. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui faktor
eksternal dan faktor internal yang dapat mempengaruhi siswa mengalami kesulitan mengemukakan
pendapat pada pembelajaran virtual. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian
deskriptif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini, mengguanakan metode kualitatif.
Dapat disimpulkan faktor eksternal dan faktor internal pada siswa yang mengalami kesulitan
mengemukakan pendapat pada pembelajaran virtual berada pada kriteria yang cukup tinggi. Adapun
faktor eksternal siwa yang mengalami kesulitan mengemukakan pendapat pada pembelajaran
virtual adalah kurangnya sistem perekonomian keluarga dan gangguan dari teman sekelas yang
mengakibatkan siswa merasa tidak percaya diri. Sedangkan faktor internal siswa yang mengalami
kesulitan mengemukakan pendapat pada pembelajaran virtual adalah kurangnya rasa percaya diri.

Downloads

Published

2022-12-01 — Updated on 2021-03-30