PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM KERANGKA KONSEP LIFELONG EDUCATION

Authors

  • Meiwatizal Trihastuti STKIP Pasundan Cimahi
  • Arnie Fajar STKIP Pasundan Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.37742/mores.v2i1.37

Keywords:

Berpikir Kritis, Pendidikan Kewarganegaraan, lifelong education

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pendidikan Kewarganegaraan dalam
kerangka konsep lifelong education. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan dimensi penting yang
harus dimiliki oleh generasi muda guna meningkatkan kebiasaan berfikir kritis, analisis, bersikap dan
bertindak demokratis yang akan melahirkan warga negara yang cerdas, terampil dan berkarakter.
Dengan lifelong education generasi muda akan mendapatkan konsep, belajar yang berkesinambungan
(continuing learning). Metode yang dingunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur.
Penelitian ini mempergunakan sumber perpustakaan dalam mengumpulkan dan untuk memperoleh
data-data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewarganegaraan bila dijadikan
sebuah kerangka konsep lifelong education, dapat di jadikan empat tahapan yaitu, a) Kehidupan Fisik dan
Fikiran; b) Proses Belajar; c) Metode Mencari Jawaban; dan Metode SQ3R. Dengan demikian, pendidikan
kewarganegaraan dalam kerangka konsep lifelong education yang melibatkan warganegara di dapat
melahirkan warga negara yang cerdas, terampil dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD
1945 yaitu warganegara yang memiliki kompetensi yang baik berkualitas sebagai warganegara yang aktif.

Downloads

Published

2020-03-30