IMPLEMENTASI CIVIC DISPOSITION DI PONDOK PESANTREN DARUL FALAH
DOI:
https://doi.org/10.37742/mores.v7i1.190Keywords:
Civic disposition, pendidikan kewarganegaraan, pondok pesantrenAbstract
sikap dan nilai-nilai seperti tanggung jawab, kepedulian, keadilan, dan keterlibatan aktif dalam kehidupan
sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Program kegiatan apa saja yang dirancang
untuk membentuk disposisi kewarganegaraan santri di Pondok Pesantren Darul Falah? (2) Bagaimana
implementasi program kegiatan tersebut dalam membentuk disposisi kewarganegaraan santri? (3) Faktorfaktor
apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan program kegiatan tersebut? Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Naturalistic Inquiry. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi di Pondok Pesantren Darul Falah
Cihampelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pondok pesantren secara aktif mengintegrasikan nilainilai
disposisi kewarganegaraan ke dalam berbagai aktivitas pendidikan, baik formal maupun nonformal,
serta kehidupan sehari-hari di asrama. Hal ini mencerminkan komitmen lembaga dalam membentuk
warga negara yang bertanggung jawab, peduli sosial, dan aktif berpartisipasi dalam masyarakat.