Penguatan Sikap Toleransi di SMK Bina Putra Kabupaten Bandung Barat
DOI:
https://doi.org/10.37742/mores.v7i1.164Keywords:
Sikap toleransi, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, PPKn; Sikap: toleransiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami penguatan sikap toleransi siswa
melalui implementasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK Bina Putra,
Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini mengangkat beberapa rumusan masalah, yaitu: bagaimana
gambaran sikap toleransi siswa di SMK Bina Putra, mengapa peran guru menjadi faktor kunci dalam
membentuk sikap toleransi siswa, serta strategi pembelajaran apa yang efektif untuk memperkuat
sikap toleransi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap toleransi siswa di SMK Bina Putra merupakan aspek
penting yang perlu mendapat perhatian. Implementasi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan terbukti memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk sikap toleransi
siswa. Selain itu, strategi pembelajaran yang efektif dan penguatan kompetensi guru juga memberikan
dampak positif terhadap kemampuan guru dalam membina sikap toleransi di lingkungan sekolah