Dampak Pembelajaran PPKN Terhadap Perilaku Disiplin Peserta Didik Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Tsal Tsa Sabiila Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Dadang Ahmad
  • Erry Hendriawan

DOI:

https://doi.org/10.37742/mores.v6i2.141

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana dampak pembelajaran PPKn terhadap perilaku disiplin peserta didik berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana pembelajaran PPKn dan perilaku disiplin peserta didik di asrama tahfidz tuna netra SLBN A. Citeureup Cimahi ? 2) Seberapa besar pengaruh pembelajaran PPKn terhadap perilaku disiplin peserta didik di asrama tahfidz tuna netra SLBN A. Citeureup Cimahi ? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran PPKn dan perilaku disiplin peserta didik di asrama tahfidz tuna netra SLBN A. Citeureup Cimahi? 4) Apa saja upaya untuk mengatasi hambatan pembelajaran PPKn dan perilaku disiplin peserta didik di asrama tahfidz tuna netra SLBN A. Citeureup Cimahi?. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tempat penelitian yaitu di Asrama Tahfidz Tuna Netra SLBN-A Citereup Cimahi. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala kesiswaan, seorang guru PPKn dan seorang Pengurus Asrama. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dampak pembelajaran PPKn terhadap perilaku disiplin peserta didik berkebutuhan khusus serta pembiasaan yang ada dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap kedisiplinan para peserta didik yang ada di asrama.

Kata kunci:   Anak berkebutuhan khusus, Perilaku disiplin, PPKn.

Downloads

Published

2024-08-08 — Updated on 2024-08-10

Versions