Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Ida Syaadah Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan
  • jajang hendar hendrawan
  • meiwatizal trihastuti

DOI:

https://doi.org/10.37742/mores.v6i2.134

Abstract

Penelitian ini membahas Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. Kurikulum Merdeka merupakan pendekatan inovatif yang menekankan pada pengembangan karakter dan keterampilan holistik dan pengintegrasian nilai-nilai Pancasila dapat membentuk profil pelajar yang berkarakter, patriotik, dan berdaya saing. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan kurikulum merdeka melalui Penguatan Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik (2) mengetahui proses penerapan kurikulum merdeka terhadap mata pelajaran Pendidikan pancasila bagi peserta didik dan (3) mengetahui faktor penghambat dalam penerapan kurikulum merdeka melalui pembelajaran pendidikan pancasila bagi peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, metode ini didasari dengan konsep penyelidikan, yang melibatkan penelitian rinci dan berorientasi kasus, atau seri atau kasus individu. Peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi, analisis data bersifat kualitatif dan hasil penelitian menekankan makna dari generalisasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Penerapan kurikulum merdeka disekolah ini masih dalam proses mengikuti alur sesuai dengan prinsip kurikulum merdeka, dalam prinsip kurikulum merdeka ini sekolah bisa memerdeka pembelajaran, akan tetapi dalam proses belajar ada kendala yang dihadapi oleh guru-guru dalam memahami prinsip merdeka belajar tersebut.

Downloads

Published

2024-08-08 — Updated on 2024-08-10