Pengaruh Pembelajaran Learning Cycle terhadap Karakter Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.37742/mores.v6i1.128Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Learning Cycle terhadap Karakter Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Budi Luhur Cimahi. Model Pembelajaran Learning Cycle mengakibatkan banyak faktor yang mempengaruhi pada pembelajaran terutama pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berlandaskan positivisme dengan menggunakan populasi atau sampel tertentu. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang utama. Analisis yang digunakan Regresi Linear Sederhana dengan tujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh temuan yakni: Seberapa besar pengaruh pembelajaran learning cycle terhadap karakter peserta didik pada mata pelajaran PKn di SMP Budi Luhur Cimahi. Berdasarkan Uji F diperoleh nilai F-hitung 113.321 > F-tabel 4.07 maka disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada pengaruh secara keseluruhan antara variabel bebas (pembelajaran learning cycle) terhadap variabel terikat (karakter peserta didik). Sedangkan nilai 0.000 < 0.05 artinya secara keseluruhan antara variabel X terhadap variabel Y adalah signifikan.