PENGUATAN PENDIDIKAN HUKUM DALAM MENINGKATKAN KESADARAN HUKUM PESERTA DIDIK (STUDI DESKRIFTIF DI SMK NEGERI 4 BANDUNG)

Authors

  • Mochamad Fajar Firmansyah Prodi. Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan, STKIP Pasundan Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.37742/mores.v5i2.109

Keywords:

Kesadaran Hukum, Peran Guru, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Lembaga pendidikan diharapkan mampu membekali para lulusannya dengan pemahaman konsep
hukum utuh agar lahir kesadaran hukum yang tinggi, akan tetapi dunia pendidikan saat ini salah
satunya pengaruh negatif dari globalisasi, yaitu menurunnya kesadaran hukum peserta didik.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun metode yang
digunakan adalah metode deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan cara wawancara, observasi,
dan studi dokumentasi. Lokasi penelitian ini bertempat di SMK Negeri 4 Bandung. Berdasarkan hasil
penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa : (1) Kesadaran hukum peserta didik di
SMK Negeri 4 Bandung sudah baik, namun masih ada beberapa pelanggaran tata tertib sekolah dan
peserta didik mematuhi tata tertib di sekolah karena takut akan sanksi ; (2) Peran guru Pendidikan
Pancasila di SMK Negeri 4 Bandung dalam meningkatkan kesadaran hukum peserta didik adalah
dengan memberikan pengetahuan hukum, melalui elemen UUD 1945. memberikan pendalaman materi
melalui metode out class, memberikan bimbingan dan motivasi kepada peserta didik yang melanggar
tata tertib, guru memberikan contoh dan keteladanan dalam mematuhi tata tertib dan berperilaku yang
baik ; (3) Habituasi di SMK Negeri 4 Bandung adalah upaya sekolah dalam pengembangan Dimensi
Profil Pelajar Pancasila yang dapat mendukung dalam internalisasi kesadaran hukum peserta didik.

Downloads

Published

2024-01-11 — Updated on 2023-09-30