PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PADA SAAT PANDEMI COVID-19

Authors

  • Dadang Achmad Prodi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, STKIP Pasundan Cimahi
  • Yudi Kusyadi Prodi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, STKIP Pasundan Cimahi
  • Felina Meiliana Solihin Prodi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, STKIP Pasundan Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.37742/mores.v5i1.103

Keywords:

Hasil Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi, PPKn

Abstract

Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah Pendidikan sebagai akibat dari pandemi Covid-19
yaitu kurangnya kemampuan orang tua dalam memberikan fasilitas yang memadai untuk siswa belajar
sehingga menurunkan hasil belajar siswa. Dalam menangani permasalahan tersebut tentu harus
ada berbagai upaya oleh pihak terkait agar prestasi belajar siswa tidak terus menurun, bagi siswa
sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai. Penelitian ini untuk menemukan seberapa pengaruh
kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa nilai signifikan sebesar 0,000. maka 32,532 > 0,750 dan signifikan 0,000 < 0,05
sehingga dapat di simpulkan bahwa kondisi sosial ekonomi keluarga siswa SDN Pasirkaliki Mandiri
2 Kota Cimahi pada saat pandemi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn

Downloads

Published

2023-02-01 — Updated on 2023-03-30