PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA MELALUI PROFIL PELAJAR PANCASILA

Authors

  • Endang Komara Prodi. Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan, STKIP Pasundan Cimahi
  • Rodin Komarudin Prodi. Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan, STKIP Pasundan Cimahi
  • Dewi Andiani Rahlan Santika Prodi. Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan, STKIP Pasundan Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.37742/mores.v5i1.101

Keywords:

Peran Guru PPKn, Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan Karakter

Abstract

Guru yang memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan karakter peserta didik yang berkarakter
sebagai urgensi dari profil pelajar Pancasila. Mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri dan
berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:
Upaya apa yang dilakukan oleh guru PPKn dalam mengembangkan profil pelajar Pancasila, hambatan
yang dihadapi dan bagaimana solusi guru PPKn dalam menangani hambatan pada pengembangan
profil pelajar Pancasila. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu Kepala
Sekolah, Wakasek Kesiswaan dan Wakasek Kurikulum, Guru PPKn, Pengumpulan data dilakukan
dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Peran guru PPKn dalam mengembangkan profil
pelajar Pancasila pembelajaran berbasis karakter maupun diluar adalah dengan meningkatkan
kompetensi kepribadian sehingga peserta didik dapat menjadikan guru seorang tauladan/ role model.

Downloads

Published

2023-02-01 — Updated on 2023-03-30

Versions