http://mores.stkippasundan.ac.id/index.php/mores/issue/feed Mores: Jurnal Pendidikan Hukum, Politik, dan Kewarganegaraan 2022-12-04T17:29:31+07:00 Yusuf Faisal Ali yusuffaisalali2016@gmail.com Open Journal Systems http://mores.stkippasundan.ac.id/index.php/mores/article/view/58 PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DI RUMAH PADA SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN 2022-12-04T17:06:02+07:00 Dadang Achmad dadangachmad@gmail.com Eneng Martini eneng.martini13@gmail.com Muhamad Rizal Apriansyah rizalapriansyah1998@gmail.com <p>Motivasi belajar memiliki hubungan yang sangat erat dengan prestasi siswa, jika hal tersebut tidak bisa <br>di tingkatkan, maka hasil belajar juga tidak dapat optimal. Terlebih pada masa pandemi yang membuat <br>motivasi sebagian siswa menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1). Mengetahui bagaimana <br>pengaruh motivasi belajar dirumah terhadap prestasi pembelajaran PPKn di SMK Cendikia Batujajar; <br>2). Mengetahui bagaimana pengaruh pada saat pandemi covid-19 terhadap Prestasi Pembelajaran <br>PPKn di SMK Cendikia Batujajar; 3) mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar dirumah, pada <br>saat pandemi covid-19 secara bersama-sama terhadap Pembelajran PPKn di SMK Cendikia Batujajar. <br>Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini <br>menggunakan survey. Adapun surveynya dalam bentuk kuisioner yang dibuat dalam google form agar <br>mudah diakses oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai siginifikansi sebesar 0,000. <br>Maka 4,575 &gt; 1,675 dan nilai signifikansi 0,000 &lt; 0,05 sehingga dapat di simpulkan bahwa Motivasi <br>Belajar di Rumah pada siswa SMK Cendikia Batujajar di tengah pandemi virus covid-19 berpengaruh <br>terhadap prestasi pembelajaran ppkn ini menjadi menurun.</p> 2022-12-04T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 http://mores.stkippasundan.ac.id/index.php/mores/article/view/59 PENERAPAN METODE EDUTAINMENT ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN DI MA NURUL HIDAYAH PADALARAN 2022-12-04T17:10:21+07:00 Jajang H endar Hendrawan jajang_hendra@yahoo.com R. Komarudin Shaleh rkomarudin@gmail.com Devi Ratnaningsih deviratnaningsih11@gmail.com <p>Dominannya penggunaan metode cearamah yang dilakukan guru membuat proses belajar yang dirasakan <br>siswa ketika pembelajaran adalah mengantuk, bosan, jenuh serta tidak ada interaksi siswa dengan guru <br>Cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebutadalah menggunakan metode edutainment ular <br>tangga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian <br>menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan narasumber yaitu Guru MA Nurul <br>Hidayah Padalarang, peserta didik kelas X dan Kelas XI. Metode edutainment pada pembelajaran PPKn <br>dimulai dengan guru merencanakan pembelajaran dengan menyiapkan perangkat pembelajaran baik <br>berupa RPP maupun media. Dengan penerapan edutainment, siswa semakin aktif seperti mengajukan <br>pertanyaan, berani untuk mengemukakan pendapat dan senang mengikuti pembelajaran yang sedang <br>berlangsung. Evaluasi yang dilakukan guru kepada siswa yaitu dengan membantu siswa untuk <br>mengingat, menghapal mengenai materi-materi ajar yang telah dibahas oleh guru mata pelajaran PPKn <br>guru sering memberikan tugas-tugas atau sebuah pertanyaan yang diajukan guru kepada siswa atau <br>siswa kepada guru.</p> 2022-12-04T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 http://mores.stkippasundan.ac.id/index.php/mores/article/view/60 PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP PGRI CILILIN 2022-12-04T17:14:15+07:00 Endang Komara endang_komara@yahoo.com Yudi Kusyadi yudikusyadi@gmail.com Rinaldi Taufik Ginanjar aji333718@gmail.co <p>Penelitian ini dilatarbelakangi dengan wabah virus Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia <br>termasuk Indonesia yang berdampak pada sektor pendidikan yang menyebabkan pembelajaran di <br>Indonesia dilakukan secara online guna mencegah penyebaran virus Covid-19. Rendahnya pemahaman <br>siswa terjadi ketika pembelajaran online dikarenakan terbatasnya jaringan internet, kuota yang <br>dipakai ketika pembelajaran, dan materi yang diberikan hanya berupa penugasan dan video. Rumusan <br>masalah dalam penelitian ini adalah; 1) bagaimana kondisi pembelajaran online menggunakan google <br>classroom di SMP PGRI Cililin pada mata pelajaran PPKn; 2) Bagaimana tingkat pemahaman siswa di <br>masa pembelajaran online pada mata pelajaran PPKn di SMP PGRI Cililin; 3) Seberapa besar pengaruh <br>pembelajaran online melalui google classroom terhadap tingkat pemahaman siswa pada pelajaran PPKn <br>di SMP PGRI Cililin. Metode pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, desain penelitian ini adalah <br>korelasi dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Hasil dari penelitian ini adalah <br>terdapat pengaruh Pembelajaran Online Melalui Google Classroom Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa <br>Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP PGRI Cililin, karena hasil F hitumg sebesar 45,848 &gt; besar dari F tabel <br>sebesar 4,07, dengan Nilai koefisien determinasi sebesar 51,6 % dan 48,4 % ditentukan oleh variabel lain <br>di luar penelitian ini.</p> 2022-12-04T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 http://mores.stkippasundan.ac.id/index.php/mores/article/view/61 EKSISTENSI BUDAYA ERTURTUR ATAU TRADISI SANTUN BERTEGUR SAPA PADA KOMUNITAS PERSADAAN BATAK KARO KOTA CIMAHI 2022-12-04T17:18:10+07:00 Lili Halimah lili.halimah@gmail.com Heni Heryani heniheryani65@gmail.com Mada Kencana Barus madakencana@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan penulis untuk menganalisis budaya ertutur atau suatu <br>tradisi bertegur sapa adat Batak Karo yang semakin hari semakin mulai ditinggalkan para generasi <br>mudanya. Mereka umumnya tidak mengenal kembali silsilah atau keturunan terdahulunya. Di Kota <br>Cimahi sendiri sebagian besar di Komunitas Batak Karo sebagian besar tidak mengenal budaya erturtur. <br>Metode penelitan yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik wawancara kepada anggota Komunitas <br>Batak Karo. Hasil penelitian meunjukkan bahwa budaya erturtur sudah mulai dipahami oleh komunitas <br>tersebut. Hal ini menjadi tugas para tokoh adat, para pemimpin keagaan untuk membumikan kembali <br>budaya erturtur di kalangan generasi muda agar tidak hilang ditelan zaman</p> 2022-12-04T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 http://mores.stkippasundan.ac.id/index.php/mores/article/view/62 PARTISIPASI POLITIK PEREMPUAN DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH TAHUN 2020 (STUDI KASUS DI DESA PASIR BATANG KECAMATAN MANONJAYA KABUPATEN TASIKMALAYA) 2022-12-04T17:21:41+07:00 Andrian andrian554@gmail.com Meiwatizal Trihastuti meiwatizal97@gmail.com Peti Puspitasari meiwatizal97@gmail.com <p>Terbukanya sistem demokrasi di Indonesia secara luas memberikan peluang yang baik bagi perkembangan politik bangsa. Salah satu indikatornya adalah berjalannya sistem politik yang demokratis dan mengukur tingkat partisipasi publik dengan keterlibatan warga negara berpartisipasi dalam pemilihan kepala daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat partisipasi politik perempuan di Desa Pasir Batang Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya pada pemilihan kepala daerah tahun 2020, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi politik Perempuan di Desa Pasir Batang Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya pada pemilihan kepala daerah tahun 2020, Mengetahui solusi meningkatkan partisipasi politik perempuan di Desa Pasir Batang Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya pada pemilihan kepala daerah tahun 2020. Metodologi yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Data utama dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dan observasi. Data sekunder diperoleh dari laporan penelitian, jurnal, dan data tersedia di masing-masing parpol, KPU, dan instansi terkait dengan pemilu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi politik perempuan di Desa Pasir Batang Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya cukup tinggi.</p> 2022-12-04T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022