PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DI RUMAH PADA SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Dadang Achmad Prodi. Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan, STKIP Pasundan Cimahi
  • Eneng Martini Prodi. Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan, STKIP Pasundan Cimahi
  • Muhamad Rizal Apriansyah Prodi. Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan, STKIP Pasundan Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.37742/mores.v4i2.58

Keywords:

Motivasi belajar, PPKn, Prestasi belajar

Abstract

Motivasi belajar memiliki hubungan yang sangat erat dengan prestasi siswa, jika hal tersebut tidak bisa
di tingkatkan, maka hasil belajar juga tidak dapat optimal. Terlebih pada masa pandemi yang membuat
motivasi sebagian siswa menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1). Mengetahui bagaimana
pengaruh motivasi belajar dirumah terhadap prestasi pembelajaran PPKn di SMK Cendikia Batujajar;
2). Mengetahui bagaimana pengaruh pada saat pandemi covid-19 terhadap Prestasi Pembelajaran
PPKn di SMK Cendikia Batujajar; 3) mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar dirumah, pada
saat pandemi covid-19 secara bersama-sama terhadap Pembelajran PPKn di SMK Cendikia Batujajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan survey. Adapun surveynya dalam bentuk kuisioner yang dibuat dalam google form agar
mudah diakses oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai siginifikansi sebesar 0,000.
Maka 4,575 > 1,675 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat di simpulkan bahwa Motivasi
Belajar di Rumah pada siswa SMK Cendikia Batujajar di tengah pandemi virus covid-19 berpengaruh
terhadap prestasi pembelajaran ppkn ini menjadi menurun.

Downloads

Published

2022-12-04 — Updated on 2022-09-30