PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Hanny Rahayu Universitas Sangga Buana YPKP Bandung

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh teori civic education (Cogan), citizenship education continuum (David Kerr). Good character yang meliputi moral knowing, moral feeling, dan moral action (Thomas Lickona). Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengkaji informasi tentang pengembangan karakter siswa melalui Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Bandung Barat 2 Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus, untuk mengungkapkan dan memahami kenyataan-kenyataan yang terjadi secara intensif dan mendalam berkenaan dengan fenomena di atas. Teknik pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui wawancara, observasi partisipan dan non-partisipan, studi dokumentasi, dan studi literatur. Dalam membuat silabus dan RPP
harus memuat nilai-nilai sikap dan perilaku agar kelak mereka menjadi individu atau warga negara mempunyai potensi yang diharapkan, baik dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Sekolah harus mengembangkan proses pembelajaran yang bermakna yang disesuaikan dengan budaya sekolah tersebut dan hal tersebut harus ditunjang dengan adanya sarana dan prasarana yang baik sehingga proses pembelajaran siswa menjadi nyaman.

 

 

Author Biography

Hanny Rahayu, Universitas Sangga Buana YPKP Bandung

 

 

Downloads

Published

2020-09-03