PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Authors

  • Hanny Rahayu Universitas Sangga Buana YPKP Bandung

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh teori civic education (Cogan), citizenship education continuum (David Kerr).
Good character yang meliputi moral knowing, moral feeling, dan moral action (Thomas Lickona).
Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengkaji informasi tentang pengembangan karakter
siswa melalui Pendidikan Kewarganegaraan di SMK Bandung Barat 2 Cihampelas Kabupaten Bandung
Barat. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus, untuk mengungkapkan
dan memahami kenyataan-kenyataan yang terjadi secara intensif dan mendalam berkenaan dengan
fenomena di atas. Teknik pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui wawancara, observasi
partisipan dan non-partisipan, studi dokumentasi, dan studi literatur. Dalam membuat silabus dan RPP
harus memuat nilai-nilai sikap dan perilaku agar kelak mereka menjadi individu atau warga negara
mempunyai potensi yang diharapkan, baik dilingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Sekolah
harus mengembangkan proses pembelajaran yang bermakna yang disesuaikan dengan budaya sekolah
tersebut dan hal tersebut harus ditunjang dengan adanya sarana dan prasarana yang baik sehingga
proses pembelajaran siswa menjadi nyaman.

 

 

Author Biography

Hanny Rahayu, Universitas Sangga Buana YPKP Bandung

 

 

Downloads

Published

2020-09-03