HABITUASI NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM MENINGKATKAN ETIKA SOPAN SANTUN SISWA

Authors

  • Eneng Martini STKIP Pasundan Cimahi
  • Arita STKIP Pasundan Cimahi

Abstract

Habituasi nilai-nilai religius dalam meningkatkan etika sopan santun siswa harus dilaksanakan disetiap sekolah. Sekolah sebagai lembaga formal pendidikan seharusnya mampu mendidik siswa-siswinya baik segi kognitif, afektif ,maupun skill. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan: (1) Habituasi nilai-nilai religius di SMK Marga Insan Kamil, (2) cara membiasakan nilai-nilai religius di SMK Marga Insan Kamil, (3) cara meningkatkan etika sopan santun di Marga Insan Kamil. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipan, dan (3) studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Habituasi nilai-nilai religius di SMK Marga Insan Kamil adalah (a) membiasakan siswa agar memiliki rasa cinta pada Al-Qur’an, Hadist dan cinta kepada Allah SWT, (b) membiasakan siswa agar menghargai waktu, dan orang lain, dan (c) menanamkan nilai religius kepada siswa. (2) cara membiasakan nilai-nilai religius di SMK Marga Insan Kamil yaitu melalui: (a) kegiatan Remaja Studi Islam, (b) pemberian motivasi, dan (c) mengadakan sosialisasi mengenai nilai-nilai religius.
(3) cara meningkatkan etika sopan santun di Marga Insan Kamil yaitu dengan (a) memberikan bimbingan dan arahan tentang etika sopan santun (b) guru menjadi role modeling etika sopan santun disekolah.

 

 

Author Biographies

Eneng Martini, STKIP Pasundan Cimahi

 

 

Arita, STKIP Pasundan Cimahi

 

 

Downloads

Published

2020-09-03